Dinsos

Bantuan Pemerintah Agar Penyandang Disabilitas di Papua Barat Mandiri

MANOKWARI –┬áPara penyandang disabilitas di Papua Barat agar bisa mandiri melalui bantuan yang diberikan pemerintah.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan di Manokwari, Senin, menyerahkan bantuan berupa motor yang sudah dimodifikasi kepada 11 penyandang disabilitas di Kabupaten Manokwari dan Manokwari Selatan.

“Saudara-saudara kita penyandang disabilitas juga punya hak yang sama untuk mengembangkan diri, membangun usaha dan beraktivitas seperti kita yang normal. Ini salah satu upaya pemerintah daerah untuk mendorong agar mereka bisa mandiri,” kata Gubernur usai menyerahkan bantuan tersebut.

Pemprov Papua Barat, lanjut Mandacan, terus berupaya meningkatkan perhatian terhadap difabel. Selain bantuan fisik, program lain pun akan dilakukan untuk meningkatkan kapasitas mereka.

“Mereka punya kebutuhan hidup sama seperti kita, butuh sandang, pangan dan papan. Apalagi kalau dia kepala keluarga, tentu punya kewajiban mencarikan nafkah untuk anak istri,” ujarnya lagi.

Kepala Dinas Sosial dan Kesejahteraan Rakyat Papua Barat, Lazarus Indou pada kesempatan terpisah menyebutkan. Bantuan kendaraan bagi difabel sudah dilakukan sejak tahun lalu.

“Pada tahun 2018 kami serahkan 12 unit, yakni untuk Sorong dan Manokwari. Tahun ini kita kembali serahkan 11, enam untuk Manokwari Selatan lima untuk Manokwari,” kata Lazarus.

Saat ini, ujarnya, Dinas Sosial sedang mendorong pembangunan rumah singgah bagi penyandang disabilitas di Manokwari. Ia berharap hal itu terlaksana pada tahun 2020.

“Beberapa tahun terakhir ini kami selalu anggarkan untuk pembangunan rumah singgah, tapi selalu dicoret. Kami akan dorong lagi pada APBD tahun 2020,” katanya lagi. (Sumber:ARAHKITA.COM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close